Semenjak Mas Helmi (halah) “melahirkan” WM6 untuk Blue Angel sekitar 1,5 tahun yang lalu (CMIIW), banyak ROM makers bermunculan dan saling berkontribusi melahirkan lebih banyak ROM. Dari sekian banyak ROM yang beredar, biasanya yang paling diminati adalah ROMs yang “bersih” atau biasa disebut dengan “clean/vanilla”. Bersih di sini berarti ROM yang dipublikasikan benar-benar hanya berisi OS Windows Mobile tanpa aplikasi tambahan samasekali atau hanya berisi aplikasi tambahan pelengkap OS, misalnya .Net Compact Framework dan Pocket Office/Office Mobile yang terdiri dari Word, Excel, dan Powerpoint.

Memang ada kalanya para chef (pemasak ROM) memasukkan beberapa software yang sangat berguna dan mendukung secara fungsional. Tapi kan tidak semua user memiliki selera yang sama :D Misalnya saya lebih suka memasang FDCSoft Task Manager 3 daripada HTC Task Manager karena memiliki fungsi networking yang lebih mumpuni (ipconfig, ping, trace, netstat, dll) serta tambahan registry editor, namun orang lain belum tentu suka, bisa jadi karena task manager bawaan WM6.1 lebih praktis dan user-friendly.

Clean/Vanilla ROM sendiri biasanya memiliki fitur yang kurang lebih sama antara satu dengan lainnya. Perbedaan hanya terletak di versi kernel dan build-nya, yang menjadikan ROM A lebih stabil daripada ROM B yang lebih cepat misalnya. Berbeda dengan ROM lain, ROM vanilla biasanya memiliki registry yang hampir sama sehingga lebih mudah untuk edit sana-sini :D

Selain kemampuan push-mail (Microsoft Direct Push™), fitur Windows Mobile 6 dan 6.1 yang paling digemari adalah kemampuan Threaded SMS. Bentuknya kurang lebih mirip dengan threaded email di Gmail. Bedanya, di Gmail email dikelompokkan berdasarkan subject, sedangkan di WM6 sms dikelompokkan berdasarkan nomor hp pengirim. Bagi sebagian orang mungkin fitur ini akan sangat berguna, terutama yang biasa chatting SMS ;)) Mungkin akan menyenangkan jika setiap orang hanya memiliki 1 nomor, sehingga fitur ini bisa berguna. Bagaimana dengan kondisi di sekitar kita, di mana orang memiliki beberapa nomor sekaligus itu lumrah, SMS kadang pake nomor A, kadang pake nomor B…..alhasil fitur threaded SMS hanya akan membebani sistem :P

Untuk menon-aktifkan fitur ini, berikut registry setting-nya:

  • arahkan ke HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Inbox\Settings\
  • buat 1 key/folder dengan nama OEM
  • di folder OEM, buat 1 DWORD dengan nama SMSInboxThreadingDisabled, beri nilai 1(hex)
  • soft reset

Selain itu, ada 1 problem lagi yang cukup mengganggu di Blue Angel, yaitu : bisa mengirim data via bluetooth namun tidak bisa menerima data dari device lain samasekali. Di beberapa non-clean ROM, hal ini mungkin tidak terjadi karena kebanyakan non-clean ROM maker sudah melakukan beberapa perubahan di registry maupun menambahkan software tertentu. Jika mengalami masalah ini, coba cek di registry.

  • arahkan ke \HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Obex\
  • pada DWORD IsEnabled, pastikan nilainya adalah 1. Jika bernilai 0, ganti menjadi 1
  • soft reset

Jangan lupa untuk mengaktifkan Infrared sekaligus saat akan menerima file via bluetooth ;)

Mungkin sementara ini dulu yang penting, nanti kalo ada lagi akan saya tambahkan. ;)

Facebook Comments Box
[WM6 Blue Angel] Simple Yet Important Registry Hacks

13 thoughts on “[WM6 Blue Angel] Simple Yet Important Registry Hacks

  • 1 September 2008 at 11.16 am
    Permalink

    terima kasih pak ,pda treo saya setelah di upgade ke wm6 .belum bisa trm file
    via bluetooth .Setelah sy ubah registry nya seperti bapak terangkan ,skrg pda sy
    sdh bisa terima file dari bluetooth.

    Pak mau tanya juga ada solusi biar fle yang terima di ada pilihan di simpan di storage card atau memory pda

  • 3 September 2008 at 10.21 am
    Permalink

    Pa Seno, terima kasih atas artikel-artikelnya.
    Sangat berguna sekali.

    Oh ya, Blue Angel punya saya ada masalah di kabel flexibel nya.
    Apakah Bp punya solusinya ??

    note :
    Rencananya akan sy buka BA nya berdasarkan : http://forum.xda-developers.com/archive/index.php/t-230417.html, tp sayang gambar-gambarnya sudah tidak ada lg.

  • 18 September 2008 at 9.32 pm
    Permalink

    BA saya XDA IIs dengan WM6.1 Pro CE OS 5.2.19199 (Build 19199.1.0.0) dari mas Helmi. Kendalanya masih tetap crash camera (ATI IMAGEON), setelah melakukan recording video. untuk mengindari itu saya harus downgrad ke wm6.0. Tolong apa ada solusi lain? Soalnya saya lebih suka wm6.1 lebin cepat

  • 25 September 2008 at 1.25 pm
    Permalink

    mas,sy pk O2Flame SIM Telkomsel/Simpati, mo ty knp video call sy hanya bisa terima saja, tp kl pk SIM MATRIX bs lancar, sy cb hub GRAPARI mrk bilang Operator Tdk Bermasalah cb hub O2, kt O2 Setting Device Noproblem buktinya SIM MATRIX jln, wadoh… cape deh, gmn mas barang kali punya masukan buat saya. terima kasih

  • 4 October 2008 at 8.23 am
    Permalink

    Eh, cara upgrade BA ke WM 6.1 gimana?? Ada yg tau?? masih newbie nieh,, kalo bisa sekalian jelasin apa aja yg harus aq download & langkah-langkahnya….

    trims..

  • 23 October 2008 at 10.46 am
    Permalink

    sy baru aja upgrade BA ke WM6nya kang Helmi, berjalan lancar, hanya ada beberapa masalah, yaitu ActivSync tidak jalan, Layanan Data (XL) tidak jalan dan seting MMSnya tidak otomatis. Ada yang bisa bantu?
    Thx

  • 12 December 2008 at 10.31 am
    Permalink

    thanks bro.., bluetooth sudah bisa terima data from other device :)

  • 1 April 2009 at 8.08 am
    Permalink

    Mas Seno, saya sudah upgrade ROM ke wm6.5 balik ke 6.1. masalahnya, wkt saya flash, program yg lama yg mirip dgn rom yg baru msh ketinggalan, ga hilang semuanya. trus saya ga bs nelepon krn hp selalu off dan ga bisa di on kan.
    bisa tolong dibantu?
    thx

  • 7 April 2009 at 11.32 pm
    Permalink

    Mbah Seno Yang ter …. bantun dong Xda IIs Saya gak bisa conk dengan PC,jadi setres nih.sekarang pake W2005. Trus pas mau nyolokin not found … cek kali cek … Hadwer РDevice Manager ber isi tanda (?) Gede buanget bertuliskan “Generic RNDIS-Blue Angel” Gimana tuwo Cowe…..

    Bantuin Cari Solusinya ya MBah Seno….????

  • 11 April 2009 at 2.09 pm
    Permalink

    mohon penerangan,,,,,,,
    BA setelah tak upgrade ke WM 6 milik xploxe tidak ada masalah…cuman ketika aku mo ganti sim card…ternyata pda saya terkunci password.
    ketika aku masukan password yg aku ingat tidak bisa sampai muncul remaining time password dan jika dimasukan password MUNCUL tulisan EMERGENCY PHONE CALL CAN BE MADE……ini kayak cara reset bios ………terus gimana caranya..

  • 24 April 2009 at 9.55 am
    Permalink

    ada yang udah bisa unlock device O2 XDA IIs
    mohon bantuannya kawan?..

  • 11 October 2009 at 9.49 am
    Permalink

    pda-ku muncul remaining time password dan jika dimasukan password MUNCUL tulisan EMERGENCY PHONE CALL CAN BE MADE…
    gimana caranya buat unlock?
    mohon bantuannya…
    tq

  • 18 January 2013 at 4.26 pm
    Permalink

    Memang ada kalanya para chef (pemasak ROM) memasukkan beberapa software yang sangat berguna dan mendukung secara fungsional. Tapi kan tidak semua user memiliki selera yang sama. Misalnya saya lebih suka memasang FDCSoft Task Manager 3 daripada HTC Task Manager karena memiliki fungsi networking yang lebih mumpuni (ipconfig, ping, trace, netstat, dll) serta tambahan registry editor, namun orang lain belum tentu suka, bisa jadi karena task manager bawaan WM6.1 lebih praktis dan user-friendly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.