1. Mentega putih / butter cream yang dijual di toko pada umumnya ada 3 Jenis, yaitu mentega putih dari susu,shortening dari minyak nabati, dan dari lemak hewani.(14nov)
2. Mentega putih lokal umumnya dari minyak kelapa sawit sehingga relatif aman. Sedang yang dari lemak hewani bisa dari lemak babi. Pilih yang bersertifikat halal.(15nov)
3. Susu bubuk instan berasal dari susu sapi yang ditepungkan dengan beberapa bahan tambahan seperti pengemulsi, vitamin, mineral, protein, whey, laktosa, dan krim.(16nov)
4. Semua bahan susu bubuk tersebut memiliki kerawanan dari segi kehalalan, sehingga susu merk apapun harus dikaji semua bahannya. Gunakan yang bersertifikat halal.(17nov)
5. Produk dengan bahan glycerin, sodium lauril sulfate harus jelas berasal dari lemak apa, karena sulit untuk di-identifikasi secara kasat mata. Gunakan yang bersertifikat halal.(18nov)
6. Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia mengharamkan penggunaan organ tubuh manusia di dalam makanan dan minuman, termasuk rambut manusia yang mengandung sistein.(19nov)
7. Kosmetika, parfum, dan produk-produk kesehatan harus diperhatikan kehalalannya. Meski tidak masuk mulut, jatuhnya ke bab najis.(20nov)
8. Sesuatu yang berasal dari bahan najis, maka haram hukumnya untuk digunakan. contoh, sikat gigi dari bulu babi, meski tidak dimakan, tidak boleh digunakan.(21nov)
9. Multivitamin terdiri dari berbagai jenis vitamin, misalnya C, B1, B6, B12, A yang ditambah dengan sumber energi seperti taurin [taurin] dan bahan penyegar yang biasanya menggunakan caffeine.(22nov)
10. Dari segi kehalalan perlu dikaji sumber vitamin berasal dari bahan alami ataupun mikrobial/sintetis.Juga dikaji unsur pelapisnya. Pilih yang sudah bersertifikat halal.(23nov)
11. Jamu instan sudah memakai alkohol sebagai pelarut zat aktif. Kaplet/kapsul bisa berasal dari gelatin tulang. Konsumsi jamu yang sudah bersertifikat halal.(25nov)
12. Istilah-istilah berikut sering digunakan untuk babi.

  • pork = daging babi
  • pork pie = kue pastel berisi daging babi cincang
  • porker = babi potong muda (27nov)
  • ham = paha babi yang diasinkan dan dikeringkan atau diasapi. Ham disebut juga daging paha babi
  • lard = lemak babi
  • bacon = daging babi asin/asap (28nov)

13. Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari yang Allah telah rizkikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah dan kamu beriman kepada-Nya. [QS Al-Maidah : 88](29nov)
14. Pengharaman babi adalah atas seluruh bagian tubuh babi, baik daging, lemak, bulu, bagian organ tubuh neserta seluruh turunan kandungan zat dari babi.(30nov)

Dikutip dengan sedikit perubahan sengaja dari : LPPOM-MUI

Facebook Comments Box
Lately November Archive

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.