COMES: Washington – Dengan alasan reformasi manajemen dan keuangan secara mendasar di PBB, namun pemerintah Amerika meminta agar PBB menutup sejumlah dewan khusus yang menangani masalah Palestina dan dewan investigasi tindakan kekejaman Israel terhadap media Palestina.

Perlu diingat Amerika menyumbangkan dana 22% anggaran PBB setiap tahun. Dubes Amerika di PBB sudah mengancam akan menghalangi penggunanaan anggaran PBB tahun 2006. Dubes juga mengisyaratkan kemungkinan tidak komitmennya Amerika membayarkan dananya ke anggaran PBB tahun depan jika tuntutan Amerika tidak dikabulkan.

Di sisi lain, Sekjen PBB Kofi Annan mengatakan bahwa anggaran ini sangat penting dan kami harus memperolehnya di akhir tahun agar tidak terjadi krisis keuangan.

Dubes Yaman, Abdullah Ash Shayadi di PBB yang juga mengepalai sejumlah negara Islam menegaskan, kami berharap ada amanah umum yaitu melawan semua upaya politisasi reformasi dan melimpahkan masalah penting kepada negara anggota.

Ia menjelaskan, bagi kelompok negara Islam dan negara G8 yang terpenting adalah mendorong perkembangan dan memerangi kemiskinan, memerangi wabah penyakit mematikan terutama Aids.

Sementara negara Uni Eropa tidak menunjukkan dukungan atas sikap dan tuntutan Amerika ini. Dubes Inggris untuk PBB, Emiri Jones Bari bahwa Uni Eropa ingin mengklarifikasi bahwa PBB memiliki sumber dana cukup selama tiga bulan pertama. (atb)

Dikutip tanpa perubahan berarti dari : www.infopalestina.com

Facebook Comments Box
Amerika Minta Dewan Khusus Palestina di PBB Ditutup

One thought on “Amerika Minta Dewan Khusus Palestina di PBB Ditutup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.