Sebut saja ada 4 item di sini, yaitu Polisi, Pemadam Kebakaran (PMK), Ambulans, dan Spiderman. Saat melihat praktek kejahatan, mungkin kita akan memanggil Polisi. Di hadapan kita terdapat rumah orang terbakar dan minta tolong, bisa jadi kita telepon PMK. Begitu pula jika melihat orang terluka parah, kita akan menghubungi Ambulans.


Bagaimana bila kejadiannya seperti ini : Penjahat menganiaya seseorang lalu membakar rumahnya. Seyogyanya kita akan bersembunyi menunggu penjahat pergi dan memanggil Polisi, PMK, dan Ambulans sekaligus atau cukup memanggil salah satu di antaranya lalu meminta mereka untuk menghubungi petugas berwenang lainnya. Tentu cara terakhir lebih dipilih karena lebih hemat biaya. Tidakkah terbersit di pikiran kita untuk memanggil Spiderman -jika benar-benar ada- ?

Dengan Spiderman, kita dapat membekuk penjahat, menyelamatkan korban ke RS terdekat, lalu membawa air sebanyak mungkin untuk memadamkan api. Menyenangkan sekali jika memang semudah itu. Lalu apa jadinya jika banyak masalah terjadi dalam satu waktu yang bersamaan? Ada praktek pemerkosaan di kota Aksi saat Spiderman menyelamatkan korban kebakaran di kota Acme, misalnya. Tentunya yang kita perlukan adalah Spiderman dalam jumlah banyak. Sangat banyak malah, agar pahlawan kita sempat menonton pujaan hatinya berakting di pentas, tidak terlambat kuliah, dan tidak dipecat dari Toko Pizza.

Pertanyaannya, mungkinkah dilakukan pengadaan Spiderman dalam jumlah sangat banyak di seluruh lokasi? Pastinya hanya akan menjadi pemborosan karena biaya training Spiderman-baru pastinya tidak semurah biaya masuk Akademi Polisi (misalnya). Jalan terbaik adalah mendayagunakan semua sumber daya yang ada dan mengorganisasikannya dengan baik. Masalah kecil dan spesifik bisalah kita percayakan pada Polisi, PMK, dan Ambulans. Masalah besar yang tidak dapat mereka tangani baru bisa di-eskalasikan pada Spiderman. Tentu saja ini bukan berarti Polisi, PMK, dan Ambulans langsung saja menyerahkan semua masalah, kecil dan besar, pada Spiderman.

Spiderman memang memiliki kemampuan lebih, tapi dia juga manusia, sama seperti Polisi, PMK, dan -tukang- Ambulans :)

Facebook Comments
All-In-One Service

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.