Dalam 2 bulan terakhir, tepatnya sejak Desember 2006, saya sering ditugaskan untuk memandu crosspole di beberapa site di Nusantara. Kebetulan karena pengguna layanan kami, kebetulan ISP di daerahnya, tidak menginginkan kami untuk mengirim engineer dan teknisi dari Jakarta untuk menangani crosspole secara langsung dengan berbagai alasan.


Kebetulan (lagi), kebanyakan dari mereka menggunakan ODU buatan Microelectronics Technology, Inc. atau yang biasa disebut dengan MTI. ODU merk MTI ini cukup unik, karena kita dihadapkan dengan pemilihan CF untuk transmit (upstream) berupa puluhan kanal-kanal atau channels yang bisa dipilih daripada merk lain yang langsung menampilkan angka frekuensi tengah. Sejauh pengetahuan saya, pemilihan kanal-kanal tersebut didasarkan pada hafalan semata. Ternyata saya salah. Maklumlah, saya tidak pernah melakukan setting ODU secara langsung karena memang itu tidak termasuk dalam job description ;))

Tiga crosspole terakhir saya dipusingkan dengan teknisi milik pelanggan yang rupanya tidak cukup siap dengan setting kanal ala MTI. Seharusnya penyesuaian kanal ini terdata lengkap di buku petunjuk yang didapat saat membeli produk MTI. Namun, entah mengapa mereka tidak bisa menemukan buku yang dicari. Klik kesana-kemari dengan google tidak banyak membantu. Pun bertanya langsung dengan RF engineer yang saya percaya selama ini juga terasa menyiksa karena mereka menyarankan untuk mencarinya di buku manual MTI.

Titik terang itu tiba-tiba muncul malam ini. Iseng-iseng saya menelepon salah satu RF engineer kawakan yang kini entah di mana rimbanya. Ide itu muncul dari Bunga, bukan nama sebenarnya. “A”, sang RF engineer berpengalaman itu ternyata merupakan dewa penolong yang dikirimkan Yang Maha Kuasa malam ini. [-o<

TERNYATA SETTING CHANNEL ADA RUMUSNYA !!!!! :-o :-o :-o

Here we are :

channel = ( CF – 2225 MHz – 3700 MHz) / 10

Jadi CF 6335 MHz seharusnya berada di channel 41 :>

Ada kalanya hasil setelah pembagian berupa angka bukan bilangan asli, padahal semua channel di MTI menggunakan bilangan asli. Jika kasus ini terjadi, maka satu-satunya jalan adalah mencari alternatif CF.

Kenapa ga tanya dari dulu 8-|

Facebook Comments
MTI’s Channel

3 thoughts on “MTI’s Channel

  • 5 February 2007 at 10.54 am
    Permalink

    ckckckckckck no comment,
    nb: maleh pengen terjun nang dunia networking :P

  • 12 November 2008 at 11.01 am
    Permalink

    jd pngen th lbh dlm tntang satelit n’ channel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.