DVB RCS

 

Yuk, main-main dengan DVB-RCS!

Secara garis besar, koneksi internet via satelit yang menggunakan sistem DVB dibagi 2, yaitu DVB-IP dan DVB-RCS. DVB-IP, atau biasa disebut one-way internet connection hanya menyediakan koneksi satu arah, yaitu downstream-only. Selanjutnya upstream biasa menggunakan media lain, misalnya kabel atau radio. Sedangkan DVB-RCS yang biasa disebut two-way internet connection merupakan koneksi dengan upstream dan downstream melalui satelit yang sama. Untuk lebih jelasnya, wikipedia sudah menyediakan sumber informasi yang akurat, misalnya link ini, ini, ini, dan ini.

Pada gambar di atas dapat kita lihat konfigurasi DVB-RCS secara garis besar. Tidak rumit kan :) Untuk membedakannya dengan DVB-IP, maka lihatlah gambar di sebelah kanan satelit yang hanya terdiri dari dish (tentu dengan LNB) dan DVB receiver saja. Itulah DVB-IP. Karena perhitungan frekuensi DVB-IP sudah termasuk di dalam DVB-RCS, maka saya hanya ingin membahas DVB-RCS saja.

Pertama-tama, ada baiknya kita menengok ke belakang, tepatnya pada tulisan saya beberapa bulan yang lalu mengenai Upstream Freq Calculation. OK, saya anggap kita semua telah memahami metode penghitungan frekuensi upstream yang meliputi Modem (tanpa demod) dan ODU. Kita tentukan saja, seandainya Tx Freq adalah 6332,625 MHz lalu CF di ODU diset 6325 MHz sehingga IF di Modem menjadi 77.625 MHz. Ups, detailnya lihat rumus di tulisan saya yang itu yah :)

Konfigurasi upstream telah kita kantongi, maka berikutnya kita hitung konfigurasi frekuensi untuk downstream. Saya baru ingat, ternyata rumus penghitungan frekuensi downstream sudah saya tulis beberapa bulan yang lalu, tepatnya waktu saya masih cupu :P Check this out on DVB Disaster. Dengan asumsi bahwa Tx = Rx = 6332,625 MHz, maka bergantung dari Receiver yang kita gunakan, kita bisa memakai frekuensi 4107,625 MHz pada DVB-Receiver Pentaval (C-Band) serta frekuensi 1024,375 MHz pada DVB Receiver Broadlogic dan Ipricot (L-Band).

That’s all folks <:-P

Facebook Comments
DVB-RCS – Perhitungan Frekuensi

62 thoughts on “DVB-RCS – Perhitungan Frekuensi

  • 27 March 2010 at 3.27 pm
    Permalink

    Kalo misal nya saya reg langganan speedy,berarti saya dapat IP dari Speedy.Sedangkan Parabola + DVB kan gak bisa browsing karena gak punya IP.Nah,bisa gak kita “Menyusupkan” IP dari Speedy yang saya langganan pada DVB tersebut?Karena di tempat saya belum terjangkau speedy.Thanks.

  • 27 March 2010 at 3.30 pm
    Permalink

    Kalo misal nya saya reg langganan speedy,berarti saya dapat IP dari Speedy.Sedangkan Parabola + DVB kan gak bisa browsing karena gak punya IP.Nah,bisa gak kita “Menyusupkan” IP dari Speedy yang saya langganan pada DVB tersebut untuk koneksi downlink 1 way,sedangkan uplinknya pake GPRS?Karena di tempat saya belum terjangkau speedy.Thanks.

  • 9 May 2010 at 1.27 am
    Permalink

    mas seno, jenengan sendiri koneksi internet pake apa, dvb kah, vsat kah ato yg lain, yuk reformasi koneksi kita. pecahkan bersama masalah internet connection ini masalahnya temen sy yg ker di jerman dah nyoba internetan pake dvb, katanya disana dah mulai rame tuh, indonesia kapan nih……
    salute buat mas eno,

  • 13 May 2010 at 5.36 pm
    Permalink

    Mas Seno, bs kasih tau softcam.key nya irdeto 2 telkomvision?
    Atau bro semua ada yang tau tolong email saya di evtinz@gmail.com
    Makasih…

  • 27 June 2010 at 7.26 pm
    Permalink

    mas seno tolong spesifikasi jenis merk type vsat ,lnb ,dvb card yang umum digunakan trus ordernya dimana ,

  • 7 July 2010 at 11.04 am
    Permalink

    Salam Kenal…
    Saya mau nanya pada bang seno..
    Selain mendownload File, DVB ini apa bisa buka yahoo, google & main Facebook. DVB ini apa bisa buka siaran yang di acak, apa pake software pendukung lagi..? Mohon pencerahannya. Terima Kasih

  • 19 August 2010 at 6.27 pm
    Permalink

    klu aqu pke DVB card utk bs browsing, kira2 daftar mac adresx selain vsat, apa lgi yg lbh murah dari vsat

  • 9 January 2011 at 2.02 am
    Permalink

    Aku sangat sangat sangat awam tentang hal ini, temanku. Bantu aku dong, gmn caranya? apa pake alat ya ke komputer? klau mengandalkan modem GSM bisa nga ya. Tapi pengen tahu lebih dalam lg nich, :)

  • 21 January 2011 at 11.53 pm
    Permalink

    weh, kog aku baca malah pusing ya.??? apa karna udah tua…??

  • 5 November 2011 at 10.30 pm
    Permalink

    lam kenal semua nya
    saya mau nanya ne mas,berapa harga lnb norsat 8215,dan bagaimana cara memesan nya,tolong bantuan nya mas.trims
    agusrianto_ayu@yahoo.co.id

  • 13 February 2013 at 11.33 am
    Permalink

    mas nomor seri IP yang terbaru apa ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.