Semua orang pasti senang mendengarkan musik (atau lagu??), terlepas dari musik apa yang menjadi favorit masing-masing. Tentunya setiap orang memiliki preferensi tersendiri, yang pasti setiap orang memiliki keunikan dalam hal yang satu ini, entah itu di genre, penyanyi, metode pendengaran, suasana hati, atau lainnya.


Secara pribadi, saya juga suka mendengarkan musik. Seperti anak muda pada umumnya, saya menggemari genre rock, rap, hip-hop, r&b, dan pop. Satu lagi, orkestra (ini genre atau bukan??). Saya bukan pendengar musik yang baik, saya lebih suka ikut bernyanyi, tentu saja dengan suara saya yang tanpa bass dan treble, serta tanpa not :)) Tidak seperti Pakdhe Gombal yang “nyeni”, saya ini engineer-yang-tidak-berseni™, alias selera musik rendah :P. Tapi itu bukan berarti saya asal mendengarkan musik, ya itu tadi, tentunya setiap orang itu unik.

Saya paling suka mendengarkan musik/lagu menggunakan earphone. Mengapa? Karena dengan begitu saya merasa lebih nikmat, lebih terbuai. Just it? Yup. Saya berusaha menggunakan hanya earphone yang bagus, karena kadang-kadang sering uring-uringan jika mendengarkan dengan earphone “sepuluh ribuan”. Tidak apa-apa, toh earphone yang lumayan mahal kan tahan lama, selain menyenangkan. Tak lupa, pemutar musik harus brilian. Handphone? Selain hape yang mp3 player/radio embedded, suaranya….aduh #-o.

Kenapa begitu? Karena saya, saat mendengarkan musik/lagu, paling senang mendengarkan detil-detil suara yang sering maupun kadang-kadang terdengar dari sisi kanan atau kiri, bukan keduanya. Itu lho, suara-suara tambahan yang biasanya dibuat untuk membentuk suasana dan sering mengaduk-aduk perasaan (bagi saya). Oh ya, selain syarat di atas, ada ketentuan lain untuk bisa benar-benar “mendengarkan musik”, berikut selengkapnya:

Tips Mendengarkan Musik dari Seno

  • Set volume pada posisi yang tepat, jangan terlalu keras atau pelan
  • Set equalizer dengan komposisi yang tepat, sesuai selera
  • Usahakan dalam lingkungan sunyi, atau menggunakan earphone yang mampu meredam dengan baik
  • Matikan lampu (serius)
  • Pejamkan mata, kosongkan pikiran
  • PLAY!!
  • Tips di atas baik digunakan untuk mendengarkan semua jenis musik, terutama untuk mendengarkan musik atau lagu yang diiringi orkestra. Sejujurnya, saya bukan penilai musik yang baik, namun menurut saya, lagu yang ini dan ini bagus.

    Happy Listening to The Music!!!

    Trims untuk Mas Deku yang rela earphone-nya sering saya pinjam secara brutal

    Facebook Comments
    Listening Music

    2 thoughts on “Listening Music

    • 4 February 2008 at 7.30 pm
      Permalink

      yayayaya…yeah..

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.