1. Komisi Fatwa MUI telah memfatwakan haram bagi penggunaan aroma, rasa, dan nama-nama yang haram seperti rasa babi/rhum, meski tidak ada babi/khamer di dalamnya.(dec17)
2. Keinginan jajan anak sangat tinggi, terutama makanan ringan, permen, coklat, dan jelly. Apalagi sekarang tampil dalam kemasan yang cantik. Berhati-hatilah.(dec18)
3. Titik kritis jajanan anak berasal dari bahan perasa, pengisi, serta bahan tambahan lain. Meskipun halal, jika berlebihan dapat membahayakan kesehatan.(dec19)
4. Industri pangan sering memakai asam malat, asam sitrat, dan Xanthan gum yang kebanyakan diproduksi secara fermentasi mikrobial.(dec20)
5. Produk mikrobial harus dilihat, apakah media yang digunakan menggunakan bahan halal atau tidak. Jika ada unsur haram maka produk yang dihasilkan juga haram.(dec21)
6. Pengental CMC berasal dari tumbuhan (selulosa), sehingga jika murni dan tidak ada unsur tambahan maka ia halal.(dec22)
7. Minuman beralkohol ketika dituang juga menghasilkan buih yang gelembungnya lebih halus dan mengeluarkan aroma khas alkohol, berbeda dengan softdrink yang memakai CO2.(dec23)
8. Produk mikrobial yang dalam proses pembuatannya memakai anti busa dalam kultivasi mikroba yang berupa minyak/lemak babi maka produknya menjadi haram.(dec24)
9. Fusel Oil yang berasal dari samping industri khamer adalah haram dan najis. Fusel Oil yang bukan berasal dari khamer adalah halal dan suci.(dec25)
10. Komponen yang dipisahkan secara fisik dari Fusel Oil yang berasal dari khamer dan direaksikan secara kimiawi hingga berubah jadi senyawa baru, hukumnya halal dan suci.(dec26)
11. Kebanyakan makanan olahan menggunakan berbagai bahan makanan tambahan yang meski sedikit, jika berasal dari bahan haram maka seluruh makanan menjadi haram.(dec27)
12. Contoh bahan tambahan makanan seperti pengawet, pewarna, menghindari oksidasi lemak/tengik, perasa/flavour, pelembut, dan pengembang adonan. Berhati-hatilah.(dec28)
13. Pewarna makanan yang

beredar ada yang sintetik dan ada yang alami. Pewarna sintetik terbuat dari bahan kimia seperti tartrazine (kuning), brilliant blue (biru), dan alura red (merah).(dec29)
14. Pewarna sintetik umumnya tidak mengandung bahan haram tapi kurang sehat bila dipakai berlebihan karena berdampak buruk bagi kesehatan.(dec30)
15. Vitamin pada serbuk minuman instan harus dikaji sumbernya, apakah dari fermentasi mikrobial, ekstrak alami, atau sintetik serta bahan pelapisnya.(dec31)

Dikutip dengan sedikit perubahan kecil dari LPPOM-MUI

Facebook Comments Box
Lately December Archive

One thought on “Lately December Archive

  • 21 September 2006 at 6.09 pm
    Permalink

    assalammualaikum wr wb
    tau gum xanthan g?

    tlg d balas
    trimss
    wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.