1. AHA atau alpha hydroxy acid adalah sejenis asam yang dapat memiliki khasiat peremajaan kulit, misalnya dari buah alpukat dan pisang. Yakinkan AHA bukan dari hewan yang haram.(oct31)
2. Vitamin pada minuman serbuk instant harus dikaji sumbernya apakah dari fermentasi mikrobial, ekstrak alami, atau sintetis, serta bahan pelapisnya.(nov3)
3. Ayam yang disembelih memerlukan waktu 1-3 menit untuk benar-benar mati. Jangan langsung dilempar ke dalam air panas, sebab dikhawatirkan matinya karena air panas, bukan karena penyembelihan.(nov5)
4. Tepung terigu dapat diperkaya dengan berbagai vitamin seperti B1, B2, asam folat. Bahan tambahan tersebut merupakan titik kritis, karenanya gunakan terigu yang sudah bersertifikat halal atau yang sudah jelas statusnya.(nov6)
5. Minuman yang telah di-fermentasi untuk mendapatkan khamer secara sengaja hukumnya menjadi haram. Berapa pun kandungan alkoholnya tetap saja haram karena niatnya untuk mendapatkan khamer.(nov7)
6. Alkohol yang berarti ethanol juga terdapat pada beberapa buah-buahan yang sangat matang. Alkohol di alam sebenarnya juga ada pada bahan-bahan halal seperti durian dan mangga.(nov8)
7. Pewarna alami biasa di-ekstrak dari tanaman atau mikroba seperti klorophil-hijau, xanthaxanthine-merah. Namun masih perlu dikaji kehalalannya.(nov9)
8. Biasanya pewarna alami kurang stabil sehingga perlu bahan tambahan yang harus diwaspadai, misalnya penggunaan gelatin sebagai pelapis xanthaxanthine.(nov10)
9. Minyak bekas penggorengan bahan haram, hukumnya tetap haram, begitupula peralatan yang digunakan. Produk yang tidak ada logo halal, hukumnya meragukan, tidak jelas halal atau haram (syubhat).(nov11)
10. Caffeinne yang sering dipakai dalam industri pangan bukan hanya berasal dari kopi saja. Bisa juga dibuat secara sintetis dengan bahan kimia organik/anorganik.(nov12)
11. Caffeinne sintetis bisa berasal dari bahan haram baik sebagai bahan baku maupun bahan penolong selama proses pengolahan. Carilah yang sudah berlogo halal.(nov13)

Diambil dari LPPOM-MUI tanpa dilakukan perubahan berarti

Facebook Comments
Early November Archive

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.